Blog "El" (Elfaoz)

Sikap Terbuka Para Ulama Hadits dalam Menerima Nasihat

Posted on: Mei 6, 2017

Abu Nashr al Hasan bin Muhammad bin Ibrahim meriwayatkan dengan sanadnya, dari Abbas bin Muhammad ad Daury berkata : Aku mendengar Yahya bin Ma’in bercerita : “Suatu waktu kami hadir dalam majelisnya Nu’aim bin Hammad di Mesir, kemudian beliau bacakan Kitab susunannya. Beliau bacakan darinya beberapa saat, sampai kemudian beliau bacakan hadits, “Ibnul Mubarok telah menceritakan kepada kami dari Ibnu Aun dengan beberapa hadits”.

Yahya bin Ma’in kemudian berkata kepadanya : “Hadits ini bukan melalui Ibnul Mubarak”.

Nu’aim pun marah karenanya dan mengatakan : “Kamu membantahku?”.

Yahya bin Ma’in kemudian menimpali : “Demi Allah, aku membantahmu karena aku memuliakanmu”. Maka Nu’aim tetap bersikukuh dan enggan rujuk.

Yahya berkata: “Setelah aku melihatnya enggan untuk rujuk, maka aku katakan kepadanya : “Demi Allah, engkau sama sekali tidak pernah mendengar ini dari Ibnul Mubarak, dan Ibnul Mubarak sama sekali tidak pernah mendengarnya dari Ibnu ‘Aun”.

Maka Nu’aim bin Hammad bertambah kemarahannya, dan ahlul hadits yang ada dalam majelis tersebut juga turut marah karenanya. Nu’aim kemudian bangkit berdiri dan masuk ke dalam rumahnya , tak lama kemudian beliau keluar lagi dengan membawa beberapa kitab lembaran hadits, seraya berkata (dan kitab tetap dipegangnya) : “Dimanakah orang-orang yang mengatakan bahwa Yahya bin Ma’in bukanlah Amirul Mukminin dalam Ilmu hadits ?, benar engkau wahai Abu Zakaria (Yahya bin Ma’in), dan aku telah salah”.

Ternyata kitab lembaran hadits tersebut menjadi bukti bahwa Nu’aim tidak meriwayatkan dari Ibnul Mubarak dari Ibnu ‘Aun. Bahkan Nu’aim meriwayatkan langsung dari Ibnu Aun tanpa melalui Ibnul Mubarak. (Tahdzibul Kamal, al imam Al Mizzy, tarjamah Nu’aim bin Hammad)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Tinta Kehidupan

"Dalam Kesakitan teruji kesabaran Dalam perjuangan teruji keimanan Dalam ukhuwah teruji keikhlasan Dalam Kerinduan teruji kesetiaan Sambutlah bila bersahabat Maafkanlah bila terluka Ingatilah bila kesunyian" "Carilah keikhlasan dalam takbirmu, kedamaian dalam rukukmu, ketenangan dlam sujudmu Karena disanalah terkumpul cinta Illahi, cinta yang hakiki"
Mei 2017
S S R K J S M
« Apr   Jun »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

حديث اليوم

إن المؤمن يرى الذّنوب كالجيال ان يقع عليه
و أن الفاجر يرى الذّنرب كالذّباب مرّ على أنفه

Hadis Hari Ini

Sesungguhnya orang mukmin melihat dosa seperti gunung yang akan menimpanya, Sedangkan orang jahat (berbuat salah) melihat dosa layaknya seekor lalat yang lewat di depan hidungnya (Bukhari)

Sebelum pamit tolong Vote survai di bawah ini. Trims

Follow me on Twitter

%d blogger menyukai ini: