Blog "El" (Elfaoz)

Sikap Bijak Seorang Hakim

Posted on: Maret 2, 2014

Alkisah, pada suatu hari putera Hakim Syuraih berkata kepada ayahnya :
“Ayah, aku punya masalah dengan seseorang. Tolong ayah dengar dulu permasalahannya. Jika menurutmu aku benar, aku bermaksud membawanya ke pengadilan. Tetapi jika sebaliknya, aku menyelesaikannya secara damai.”
Setelah mendengar permasalahannya, Hakim Syuraih tahu bahwa puteranya ada di pihak yang salah. Namun ia tidak memberitahukannya secara terus terang. Bahkan sebaliknya, ia mendorong puteranya untuk maju ke pengadilan.
“Perkarakan ia ke ke pengadilan”katanya.
Dalam sidang pengadilan Hakim Syuraih menyatakan puteranya kalah dalam perkara. tentu saja ini membuat puteranya kecewa. Ia merasa ditipu oleh ayahnya sendiri. Begitu keduanya sama-sama tiba di rumah, sang putera menggerutu melampiaskan kekecewaannya, ia berkata “kalau saja bukan karena nasehat Ayah, aku tidak mau membawa perkara ini ke pengadilan. Ayah telah mempermalukanku”.
“Dengar puteraku, di dunia ini kamu adalah orang yang paling aku cintai, tetapi Allah jauh lebih aku cintai. Seandainya aku berterus terang bahwa kamu dipihak yang salah, ayah khawatir kamu akan berdamai dengan cara menyuap orang yang sedang punya masalah denganmu, dan itu sama sekali tidak bisa dibenarkan, puteraku”. jawab Hakim Syuraih
Hikmah
Wahai saudaraku yang dicintai Allah….
Seperti itulah kasih sayang seorang ayah, kadang kala cara mendidiknya putearanya dirasa kurang srek di hati. Tapi ternyata pendidikannya itu membawa kita pada sebuah pelajaran/hikmah. Oleh sebab itu, wahai saudaraku ! jadikanlah ia seorang figur yang patut diteladani selama ia berada di jalan-NYa. Akan tetapi, jika ia membawa kepada sesuatu yang tidak dibenarkan oleh Allah, maka nasehatilah ia dengan baik. Sebagaimana Allah berfirman

“Ud’u ila sabili Rabbika bilhikmah wal mau’idzotil hasanah”
(Serulah mereka ke jalan Tuhan-Mu dengan Bijaksana dan Pelajaran (tauladan) yang baik)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Tinta Kehidupan

"Dalam Kesakitan teruji kesabaran Dalam perjuangan teruji keimanan Dalam ukhuwah teruji keikhlasan Dalam Kerinduan teruji kesetiaan Sambutlah bila bersahabat Maafkanlah bila terluka Ingatilah bila kesunyian" "Carilah keikhlasan dalam takbirmu, kedamaian dalam rukukmu, ketenangan dlam sujudmu Karena disanalah terkumpul cinta Illahi, cinta yang hakiki"
Maret 2014
S S R K J S M
« Feb   Apr »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

حديث اليوم

إن المؤمن يرى الذّنوب كالجيال ان يقع عليه
و أن الفاجر يرى الذّنرب كالذّباب مرّ على أنفه

Hadis Hari Ini

Sesungguhnya orang mukmin melihat dosa seperti gunung yang akan menimpanya, Sedangkan orang jahat (berbuat salah) melihat dosa layaknya seekor lalat yang lewat di depan hidungnya (Bukhari)

Sebelum pamit tolong Vote survai di bawah ini. Trims

Follow me on Twitter

%d blogger menyukai ini: